top of page

Frequently Asked Questions

Ada beberapa hal yang masih membuatmu bingung tapi malu-malu untuk bertanya langsung ke Eira? Coba lihat beberapa pertanyaan di bawah ini, siapa tahu pertanyaanmu terjawab ;)

Kalau ternyata belum, yuk jangan takut untuk chat langsung ke Eira!

17919374465447942.webp

Hand building itu seperti apa ya, Kak?

Hand building adalah teknik pembuatan keramik yang paling dasar. Alat-alat yang dibutuhkan untuk teknik hand building ini tergolong sederhana dan terdapat banyak pilihan alternatifnya. Ketika kita sudah menguasai dasar-dasarnya, maka hanya kreatifitas kita saja yang menjadi penghalang antara tangan dan karya.

3 teknik hand building yang akan dipelajari adalah pinching, coiling, dan slabbing. Ketiga teknik ini menjadi suatu hal yang penting untuk kita dapat mendalami pottery dengan lebih dalam.

Wheel throwing bisa untuk pemula ngga ya?

Yes, bisa banget. Memang, sudah mempelajari hand building terlebih dahulu lebih direkomendasikan ketimbang langsung mencoba wheel throwing. Tapi, tidak masalah juga jika kamu langsung terjun mencoba wheel throwing!

Bedanya hand building dan wheel throwing itu apa ya?

Kalau penjelasan agak panjangnya, di hand building kamu akan langsung mengolah tanah dengan tangan dan alat-alat sederhana, kalau wheel throwing, kamu akan menggunakan mesin putar untuk membentuk tanah.

Kalau secara sederhana, hand building - meja diam, wheel throwing - meja putar.

Clay 1 kg di hand building bisa bikin apa saja?

Sebagai gambaran, kamu dapat membuat 1 gelas dan 1 piring kecil dengan 1 kg tanah. Tapi, kamu dibebaskan untuk membuat apa pun yang kamu mau!

Wheel throwing biasanya jadi berapa item, Kak?

Di kelas-kelas wheel throwing, kamu akan mendapat 2 kg tanah. Biasanya, 2 kg tanah ini bisa dibagi menjadi 4-6 pieces, tergantung dengan kemampuan kamu dan durasi yang kamu butuhkan dalam sekali membentuk.

Nanti akan belajar glazing ngga ya?

Untuk kamu yang belum tahu, glaze adalah lapisan terluar dari keramik yang biasanya membuat keramik jadi mengkilap. Glaze ini diaplikasikan sebelum pembakaran kedua dan terdapat berbagai jenis, karakteristik, dan warna. Saat ini, Eira belum dapat memfasilitasi kelas glazing. Eira hanya memberikan kelas mewarnai/painting dengan menggunakan cat underglaze dan glaze yang akan digunakan adalah glossy transparent glaze.

Apakah bisa untuk anak-anak?

Bisa banget! Eira menerima anak-anak dari usia minimal 5 tahun. Biasanya Eira akan menyarankan anak mengikuti kelas hand building karena lebih mudah untuk mereka mencoba dan bereksplorasi. Untuk kelas wheel throwing, Eira lebih merekomendasi anak-anak dengan usia 7-8 tahun ke atas.

Eira lebih membatasi usia untuk wheel throwing karena membutuhkan konsentrasi dan tenaga yang lebih. Jadi, jika dirasa anaknya sudah mampu, boleh juga dicoba, karena memang kemampuan setiap anak berbeda dan tidak dapat kita bandingkan.

Eira juga menyarankan agar orang tuanya ikut berpartisipasi dalam kelas tersebut, karena orang tua yang lebih memahami kemampuan anak dan tahu bagian apa saja yang dirasa masih sulit untuk anaknya dan mana yang sudah bisa dilakukan anak dengan mandiri.

Kalau aku mau datang berempat, bisa ngga ya, Kak?

Berhubung studio keramik Eira merupakan studio rumah, kapasitas yang dapat kami tampung tidak banyak. Untuk saat ini, kelas-kelas hand building hanya dapat diisi sampai maksimal 3 peserta dan wheel throwing sampai maksimal 2 peserta.

Ini kelasnya private ya?

Betul sekali!

Jadi, kamu ngga perlu takut harus belajar rame-rame dengan orang yang tidak kamu kenal, karena hanya ada Eira dan kamu ;) Satu hal asyik lagi dari kelas privat adalah Eira sudah pasti akan fokus untuk kamu saja dan kamu boleh bertanya apa pun dan sebanyak apa pun ke Eira!

Boleh lihat price listnya dulu, Kak?

Boleh dongg... untuk price listnya bisa dilihat melalui link di bawah ini yaa

Cara baca jadwalnya gimana ya, Kak?

Jadwal kelas keramik Eira tertulis di google sheet dan akan di-update setiap ada kelas yang di-booking. Untuk jam dan hari yang tersedia, Eira beri warna hijau terang dan terdapat tulisan "AVAILABLE". Untuk jenis kelasnya sendiri, tergantung dari jenis kelas yang kamu inginkan, jadi Eira tidak ada jadwal khusus di hari tertentu hanya menerima jenis kelas sesuatu. Singkatnya, Eira mengikuti jenis kelas keinginanmu.

Untuk jadwal-jadwal yang sudah terisi tidak dapat kamu booking lagi, karena Eira sudah menyiapkan waktu itu khusus untuk peserta lain. Nah, cara membacanya kelas-kelas yang sudah terisi adalah "inisial, hari ke berapa dari berapa, dan jenis kelas." Jadi, kalau kamu sudah booking kelas, kamu pun dapat memantau kapan kelasmu akan dilaksanakan.

Untuk jadwalnya, dapat kamu lihat melalui link di bawah ini.

Apakah Eira Keramik menerima kesempatan untuk magang?

Yes! Eira membuka lowongan untuk magang. Berhubung kapasitas yang bisa Eira terima tidak banyak, maka Eira hanya dapat menerima 1 anak magang. Jadi, kamu tidak dapat magang berdua atau bertiga dengan temanmu secara bersamaan di Eira.

Di Eira Keramik, kamu diharapkan untuk datang minimal 4x dalam seminggu (antara hari Selasa - Sabtu) dan sesuai dengan jam kerja pada umumnya, yaitu pk 09:00 - 17:00. Kamu akan mendapat makan siang dan kamu akan diajarkan cara membuat keramik dari dasar. Untuk kamu yang belum pernah belajar pottery sebelumnya, tidak masalah, karena Eira lebih mementingkan keinginanmu untuk belajar dibandingkan dengan pengalamanmu sebelumnya.

Eira membuka kesempatan untuk kamu bertanya apa pun soal keramik dan ketika studio sedang tidak digunakan untuk kepentingan produksi atau mengajar, kamu dapat menggunakannya untuk membuat karya apa pun yang kamu inginkan.

Kamu dapat mengirimkan CV serta portfoliomu ke email: eira.keramik@gmail.com dan bertanya lebih jauh melalui link di bawah ini.

bottom of page